Ini Dia Cara Promosi Efektif di Internet yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak cara mempromosikan produk di internet namun tidak semua orang mengetahui cara promosi yang efektif di internet. Mempromosikan produk adalah salah satu tahapan penting dalam menjalankan bisnis. Hanya dengan cara inilah Anda dapat memperkenalkan produk dari bisnis Anda kepada khalayak ramai. Sebagus apapun produk yang Anda ciptakan atau Anda akan jual, akan percuma bila produk tersebut tidak pernah sedikit pun Anda promosikan kepada orang-orang.

cara efektif promosi di internet

Mempromosikan produk selain bertujuan untuk mengedukasi pasar terhadap produk yang Anda miliki, juga menjadi salah satu saluran untuk memperoleh pendapatan. Semakin luas cakupan promosi Anda, maka potensi untuk mendapatkan revenue dari produk bisnis Anda akan semakin besar.

Internet kini telah menjadi suatu ekosistem yang unik yang terus tumbuh dan berkembang. Internet juga menjadi sarana yang semakin banyak digunakan oleh para pengusaha untuk membantu membesarkan bisnisnya.  Bisa dikatakan bahwa internet telah menjadi fenomena baru dalam dunia pemasaran. Berpromosi lewat internat adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk Anda kepada masyarakat dalam cakupan yang luas dalam satu momen. Namun tidak menutup kemungkinan bila promosi yang Anda lakukan di internet hanya sia-sia dan tidak memberikan efek apapun kepada bisnis Anda. Oleh karena itu Anda perlu memahami cara promosi yang efektif di internet.

4 Prinsip Dasar Cara Promosi Efektif di Internet

1. Kenali produk Anda dan identifikasikan siapa segmen pasar yang tepat untuk produk Anda.

Sebagai contoh, produk yang anda jual adalah mainan edukasi untuk anak-anak. Siapakah pengguna produk Anda? Memang produk Anda akan digunakan oleh anak-anak, namun apakah berarti Anda mempromosikan produk tersebut kepada anak-anak. Tentu saja tidak. Pastinya Anda harus mempromosikan produk tersebut kepada orang tuanya karena merekalah yang akan memutuskan dan membeli produk tersebut sekalipun bukan mereka yang menggunakan produk tersebut.

Tugas selanjutnya adalah mencari dimanakah tempat promosi yang bisa menjangkau para orang tua tersebut. Anda bisa memanfaatkan forum-forum online seputar parenting dan keluarga, anda juga dapat memanfaatkan media jejaring sosial seperti facebook yang didalamnya banyak terdapat grup-grup seputar parenting, dan lain sebagainya.

2. Soft Selling dan Hard Selling.

Terkadang menjual secara terang-terangan (hard selling) tidak disukai oleh beberapa orang. Pada dasarnya orang tidak suka untuk ditawari produk secara langsung. Itulah mengapa tidak jarang kita langsung memberikan isyarat menolak ketika ada seorang sales yang mendatangi kita. Untuk orang-orang dengan tipe seperti ini, pendekatan soft selling adalah cara yang pas untuk mendapatkan perhatian mereka dan kemungkinan untuk terjadinya penjualan cukup besar. Berikan penjelasan dan alasan-alasan mengapa produk ini dapat mengakomodasi keinginan dan kebutuhan mereka.

Nah, akan tetapi tidak melulu hard selling itu buruk. Ada juga tipe orang yang to the point. Mereka tidak ingin bertele-tele mendengarkan berbagai macam penjelasan dan alasan-alasan. Cukup terangkan saja fungsi produk Anda dan berikan penawaran terbaik yang Anda punya. Manakah yang lebih tepat antara hard selling dan soft selling dalam berpromosi di internet? Anda perlu mencoba keduanya untuk mendapatkan gambaran dan data yang valid.

cara efektif promosi di internet

3. Selalu belajar dari berbagai sumber bahkan kompetitor Anda.

Selalu menjadi pertanyaan bagi kebanyakan pelaku bisnis, bagaimanakah cara promosi yang menghasilkan ROI paling besar? Tidak ada rumusan pasti untuk hal ini. Terus belajar dan terus mengamati perkembangan yang terjadi adalah hal yang dapat dijadikan solusi untuk pertanyaan tadi.

Sebetulnya ada cara yang dapat Anda gunakan dalam berpromosi di internet. Disini saya menggunakan facebook sebagai contoh karena memang saat ini facebook menjadi primadona dalam bisnis online. Langkah pertama adalah Anda harus bisa mengidentifikasikan siapa saja kompetitor bisnis Anda yang juga menggunakan facebook dalam promosi bisnisnya atau carilah benchmark atau patokan dalam bisnis Anda, biasanya adalah brand-brand besar.

Langkah selanjutnya adalah perhatikan cara mereka berpromosi, mulai dari copywriting-nya, penggunaan gambar, hingga cara mereka berinteraksi dengan audience mereka. Bahkan di facebook, Anda dapat menjadikan konsumen kompetitor Anda sebagai teman facebook Anda. Tujuannya? Hahahaha… you know what I mean 😀

4. Pastikan mencatat pola promosi yang anda lakukan dan lakukan rotasi pengulangan model beriklan.

Prinsip dasar terakhir dalam pembahasan ini adalah dokumentasi promosi. Pastikan Anda membuat beberapa tipe promosi dan tercatat. Jangan sampai Anda membuat pemirsa iklan merasa bosan dengan iklan Anda yang itu-itu saja. Anda juga perlu mendokumentasikan, mana saja iklan yang efektif dan mana iklan yang tidak. Promosi yang sukses adalah promosi yang dibantu dengan berbagai informasi dan data pendukung. Anda tidak bisa mengatakan suatu promosi disebut menguntungkan atau merugikan atau tidak berdampak apa-apa tanpa adanya dukungan data. Oleh karena itu, pastikan setiap promosi terdokumentasikan dengan baik.

Sekian pembahasan singkat mengenai cara promosi efektif di internet, semoga bermanfaat untuk bisnis Anda.

Leave a Reply